Skype adalah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon gratis ke lebih dari 75 juta orang di seluruh dunia, dan panggilan yang sangat murah ke tempat lain di Bumi! Sebagai akibatnya, Skype telah menjadi layanan yang tumbuh paling cepat dalam sejarah internet. Baru-baru ini, perusahaan diakuisisi oleh eBay, langkah maju lain untuk mencapai tujuan akhir menjadikan Skype sebagai perusahaan komunikasi terbesar di dunia.

Skype mudah dipasang dan digunakan. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk membuat panggilan sebening kristal, terlepas dari lokasinya, mengirim pesan instan, beralih tanpa hambatan antara komunikasi teks dan suara, membuat panggilan video, panggilan konferensi, mentransfer file, menelepon sambungan telepon rumah dan ponsel untuk sebagian kecil dari biaya panggilan tradisional. Skype benar-benar membuat revolusi dalam cara kita berkomunikasi.

Tapi bagaimana cara kerjanya? Artikel ini berfokus pada menggambarkan jaringan Skype dan teknologi di belakangnya.

Skype adalah jenis klien Voice-over-IP peer-to-peer, berdasarkan program berbagi file Kazaa. Pengembang Skype mengklaim bahwa ia menyediakan kualitas suara yang lebih baik daripada aplikasi serupa seperti MSN dan Yahoo Messenger. Ini juga mengenkripsi panggilan dari ujung ke ujung.

Ada dua jenis mesin di jaringan Skype – host biasa (Skype Client) dan Super Node (SN). Host biasa adalah komputer pengguna biasa yang memasang dan menghubungkan aplikasi ke jaringan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Super Nodes adalah titik akhir dari host biasa dalam jaringan. Dengan kata lain, host biasa terhubung ke Super Nodes. Setiap komputer dengan IP publik dan konfigurasi perangkat keras yang tepat dapat menjadi SN. Tuan rumah biasa harus terhubung ke super node dan harus mendaftarkan diri dengan server login Skype untuk login yang sukses. Server login Skype adalah satu-satunya unit sentral di seluruh jaringan. Ini menyimpan nama pengguna dan kata sandi yang relevan dari semua pengguna Skype. Nslookups telah menunjukkan bahwa server ini berlokasi di Denmark. Semua Super Node terhubung ke server login untuk memverifikasi kata sandi pengguna dari klien. Ini menyimpan Nama Skype Anda, alamat e-mail Anda, dan representasi kata sandi terenkripsi.

Jika Anda pengguna Skype biasa, maka komputer Anda dianggap sebagai & # 39; host biasa & # 39; yang terhubung ke Super Node. Super Node adalah server, yang terletak di berbagai belahan dunia. Tetapi klien Skype Anda, harus tahu ke SN mana yang harus terhubung. Oleh karena itu, setiap klien Skype (SC) mempertahankan tabel lokal yang berisi IP dan port Super Node yang sesuai. Ini disebut cache host dan disimpan di Registry Windows dari SC yang diberikan. Jadi pada dasarnya, setiap kali Anda memuat Skype, itu membaca tanggal dari cache host, mengambil IP pertama dan port dari sana dan mencoba untuk terhubung ke SN ini. Jika koneksi gagal karena suatu alasan (SN offline, itu bukan lagi bagian dari jaringan, dll) maka ia membaca baris berikutnya dari tabel. Jika gagal terhubung ke salah satu IP yang terdaftar, Skype akan mengembalikan kesalahan login saat start-up. Di sini, cache host harus berisi setidaknya satu entri yang valid agar aplikasi dapat terhubung ke jaringan dan berfungsi dengan baik. Entri yang valid berarti alamat IP dan nomor port dari Super Node online. Jalur ke tabel di Windows Registry adalah HKEY_CURRENT_USER / SOFTWARE / SKYPE / PHONE / LIB / CONNECTION / HOSTCACHE. Anda dapat memverifikasi bahwa di komputer Anda dengan membuka menu Start, lalu klik Run dan masukkan & # 39; regedit & # 39 ;, tanpa tanda hubung. Tentu saja, jalur yang tepat bisa berbeda di versi aplikasi berikutnya.

Sebagai sebuah konsep, Super Nodes diperkenalkan di jaringan P2P generasi ketiga. Mereka memungkinkan peningkatan kinerja penelusuran, mengurangi latensi pemindahan file, skalabilitas jaringan, dan kemampuan untuk melanjutkan kembali pengunduhan yang terganggu dan secara bersamaan mengunduh segmen dari satu file dari beberapa rekan. Pada dasarnya, mereka membantu host biasa terhubung satu sama lain dan memandu secara efisien lalu lintas jaringan yang dienkripsi.

Super Nodes juga bertanggung jawab untuk & # 39; Pengindeksan Global & # 39 ;. Teknologi ini memungkinkan Anda mencari pengguna lain di jaringan. Perusahaan menjamin bahwa ia akan menemukan pengguna jika ia telah terdaftar dan telah masuk selama 72 jam terakhir.

Saat yang sangat menarik tentang jaringan Skype adalah bahwa itu & # 39; s & dimodifikasi; & # 39 ;. Jika Anda memiliki aplikasi yang diinstal, komputer Anda dapat berubah menjadi Super Node, tanpa Anda menyadarinya, karena kemampuan tersebut tidak memiliki dampak yang nyata pada kinerja komputer. SNS pada dasarnya menyimpan alamat hingga beberapa ratus pengguna Skype, tanpa membawa data suara, teks, atau transfer file apa pun. Dengan cara itu, semakin banyak pengguna Skype datang online, semakin banyak supernodes menjadi tersedia untuk memperluas kapasitas jaringan.

Skype mengarahkan lalu lintas secara cerdas dengan memilih jalur transfer data yang optimal. Karena menggunakan protokol TCP atau UDP, ia menghancurkan seluruh aliran data menjadi paket-paket terpisah, yang dapat mengambil jalur yang berbeda ke tujuan akhir. Pengaturan akhir dilakukan di bagian penerima.

Sejauh menyangkut keamanan dan privasi, Skype menggunakan Standar Enkripsi Lanjutan, yang dikenal sebagai Rijndel, digunakan juga oleh organisasi Pemerintah AS untuk melindungi data sensitif. Skype menggunakan enkripsi 256-bit.

Programmer Skype telah menerapkan codec wideband yang memungkinkannya mempertahankan kualitas suara yang bagus pada bandwidth 32kb / s dan memungkinkan frekuensi antara 5-8,000Hz untuk melewati palung.

Daftar kontak Anda, toko aplikasi di Registry Windows. Ini disebut daftar Teman dan sekali lagi, itu dienkripsi secara digital. Jadi, daftar itu bersifat lokal untuk setiap mesin, atau dengan kata lain, itu tidak diunduh dari server pusat.

Mari kita menjelaskan tugas-tugas klien Skype secara singkat. Pertama terhubung ke jaringan. Kemudian mendengarkan pada port tertentu untuk panggilan masuk, me-refresh tabel cache host, menggunakan codec wideband, mempertahankan daftar teman, mengenkripsi pesan dan menentukan apakah ada firewall atau tidak.

Proses masuk:

Proses login adalah yang paling penting dan terdiri dari beberapa fase. Seperti disebutkan, SC harus terhubung ke SN yang valid untuk mengotentikasi nama pengguna dan kata sandi dengan Server Pusat.

Skype mendapat IP tinju dari cache host, mengirimnya paket UDP dan menunggu respons. Jika tidak ada respons setelah 5 detik, ia mengirim paket TCP ke IP yang sama. Ini mencoba untuk membuat koneksi TCP ke alamat IP HC dan port 80 (port HTTP). Jika masih tidak berhasil, ia mencoba untuk menyambung ke alamat IP dan port 443 (port HTTPS). Jika ini tidak berhasil, itu membaca alamat berikutnya di HC. Jika Skype tidak dapat terhubung ke SN, itu akan melaporkan kegagalan login.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa alamat build-in dari berbagai node, yang disebut node super bootstrap.

Jika upaya koneksi berhasil, klien harus mengotentikasi nama pengguna dan kata sandi dengan server login Skype, yang menyimpan semua nama pengguna dan kata sandi dan memastikan semuanya unik di seluruh jaringan. Ketika aplikasi terhubung ke SN, ia menerima daftar terbaru dari SN aktif lainnya, sehingga ia memiliki informasi terkini.

Proses Transfer Media:

Komunikasi video / suara melalui Skype ditetapkan melalui UDP. Caranya di sini adalah bahwa cukup sering, salah satu pengguna berada di belakang firewall atau router, karena tidak memiliki alamat IP yang sebenarnya. Tetapi jika kedua klien Skype berada di IP nyata, lalu lalu lintas media mengalir langsung di antara mereka melalui UDP. Ukuran paket suara adalah 67 byte, yang sebenarnya adalah ukuran payload UDP. Satu percakapan kedua menghasilkan sekitar 140 paket suara yang diganti dua cara, atau 3-16 kilobyte / detik.

Jika salah satu callee atau keduanya tidak memiliki IP publik, maka mereka mengirim trafik suara ke node Skype online lain melalui UDP atau TCP. Pengembang Skype lebih suka menggunakan UDP untuk transmisi suara sebanyak mungkin.

Fakta yang menarik adalah bahwa bahkan jika kedua belah pihak tidak berbicara, paket suara akan tetap mengalir di antara mereka. Tujuan paket yang disebut & # 39; senyap & # 39; adalah menjaga koneksi tetap hidup.

Kesimpulan:

Ada beberapa faktor yang bertanggung jawab atas kesuksesan Skype. Pertama-tama, kualitas suara lebih baik dibandingkan dengan aplikasi lain. Ia bekerja tanpa masalah pada komputer dengan firewall. Sangat mudah dipasang dan digunakan. Keamanan Skype juga merupakan keuntungan besar. Segala sesuatu yang ditransfer di seluruh jaringan sedang dienkripsi untuk memastikan privasi. Sebagai akibatnya, bahkan jika peretas mencegat data yang ditransfer, mereka tidak akan dapat memecahkan kode itu.

Aplikasi Skype tidak termasuk adware atau spyware apa pun. Namun, ada beberapa kasus ketika pihak ketiga telah berhasil menambahkan fungsi seperti itu (tidak hanya untuk Skype), jadi sangat penting untuk Anda mengunduhnya dari tempat yang tepat. Oleh karena itu, lakukan dari situs web resmi, atau dari situs yang dihormati sebagai http://www.freesecuredownloads.com/skype/index.html .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *