UNIX / Linux

Sistem operasi UNIX dibangun di sekitar protokol TCP / IP, dan sementara semua memiliki kesamaan tertentu, mereka sangat bervariasi dalam kemampuan mereka. Hal ini disebabkan oleh variasi dalam perangkat lunak tambahan yang disertakan dengan sistem operasi dan sifat komersial (atau non-komersial) dari berbagai produk. Beberapa varian UNIX adalah produk komersial yang dipasarkan oleh perusahaan perangkat lunak besar, seperti Hewlett Packard, Sun Microsystems, dan IBM. Lainnya dikembangkan dan dipelihara sebagai bagian dari gerakan open source, di mana programmer relawan bekerja pada perangkat lunak di waktu luang mereka, biasanya berkomunikasi dengan rekan-rekan mereka melalui Internet, dan dengan bebas melepaskan pekerjaan mereka ke domain publik. Ada banyak sistem operasi UNIX yang berbeda yang dapat Anda unduh dari Internet gratis, seperti FreeBSD, NetBSD, dan berbagai bentuk Linux.

UNIX terutama merupakan platform server aplikasi, dan biasanya terkait dengan layanan Internet, seperti server Web, FTP, dan e-mail. Seperti halnya Windows, sistem UNIX dapat berfungsi baik sebagai server dan klien pada saat yang bersamaan.

Interoperabilitas

Perangkat lunak open source seperti SAMBA digunakan untuk menyediakan pengguna Windows dengan berbagi file Server Message Block (SMB).

Otentikasi

Autentikasi proses masuk terpusat

Layanan File dan Print

Network File System (NFS) adalah sistem file terdistribusi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file dan direktori yang terletak di komputer remote dan memperlakukan file-file dan direktori seolah-olah mereka lokal.

LPR / LPD adalah protokol pencetakan UNIX utama yang digunakan untuk mengirimkan pekerjaan ke printer. Komponen LPR menginisiasi perintah seperti "pekerjaan cetak menunggu," "terima pekerjaan," dan "kirim status antrean", dan komponen LPD di server cetak menanggapi mereka.

Keamanan

Dengan sebagian besar sistem operasi Unix, layanan jaringan dapat dikontrol secara individual untuk meningkatkan keamanan.

MAC OS X Server

Dukungan Klien

TCP / IP file sharing dengan klien Macintosh menggunakan Network File System (NFS), dan File Transfer Apple File Protocol 3.0

Interoperabilitas

Mac OS X Server menggunakan Open Source SAMBA untuk menyediakan bagi pengguna Windows dengan berbagi file Server Message Block (SMB). Network File System (NFS) memungkinkan Anda membuat folder tersedia untuk pengguna UNIX dan Linux.

Layanan File dan Print

Mac OS X Server menyediakan dukungan untuk berbagi file Macintosh, Windows, UNIX, dan Linux asli. Protokol yang didukung meliputi:

  • Layanan file Apple (AFP 3.0) dari setiap klien AppleShare melalui TCP / IP
  • Pembagian file Windows (SMB / CIFS) menggunakan Samba
  • Network File System (NFS) untuk akses file UNIX dan Linux
  • Internet (FTP)

Layanan cetak internal dapat menggerakkan file ke printer berkemampuan PostScript melalui TCP / IP, AppleTalk, atau USB. Pelanggan Macintosh dapat menggunakan dukungan LPR di Print Center atau utilitas Desktop Printer untuk terhubung ke printer yang dipakai bersama. Pengguna Windows dapat menggunakan protokol SMB / CIFS asli mereka untuk terhubung ke printer yang dipakai bersama.

Layanan cetak untuk OS X Server

Macintosh dan UNIX (LPR / LPD)

Windows (SMB / CIFS)

Keamanan

  • Arsitektur pengguna multipel dan hak akses tingkat pengguna.
  • Dukungan Secure Sockets Layer (SSL) menyediakan komunikasi klien / server terenkripsi dan terautentikasi.
  • Secure Shell (SSH) menyediakan enkripsi dan otentikasi untuk administrasi jarak jauh yang aman.
  • Dukungan Kerberos untuk otentikasi login terpusat.

Netware

NetWare 5

Dukungan Klien

NetWare 5 hadir dengan perangkat lunak Novell Client untuk tiga platform klien: DOS dan Windows 3.1x, Windows 95/98, dan Windows NT.

Interoperabilitas

Anda dapat mengatur Klien Novell untuk Windows 95/98 dan Windows NT untuk bekerja dengan salah satu dari tiga opsi protokol jaringan: hanya IP, IP dan IPX, atau IPX saja.

Otentikasi

Autentikasi proses masuk terpusat

Layanan File dan Print

Layanan File NetWare menawarkan dua pilihan layanan file yang saling kompatibel: Novell Storage Services (NSS) dan Sistem File NetWare tradisional. Kedua jenis layanan file ini memungkinkan Anda menyimpan, mengatur, mengelola, mengakses, dan mengambil data di jaringan.

NSS mengumpulkan semua ruang bebas unpartitioned yang ada pada semua hard drive yang terhubung ke server Anda, bersama dengan ruang yang tidak digunakan dalam volume NetWare, dan menempatkannya ke dalam kolam penyimpanan. Anda membuat volume NSS dari kumpulan penyimpanan ini selama penginstalan server atau nanti melalui NWCONFIG.

Novell Distributed Print Services (NDPS) adalah sistem cetak default dan pilihan di NetWare. NDPS mendukung berbasis IP serta pencetakan berbasis IPX.

Keamanan

Novell memiliki dukungan untuk infrastruktur kunci publik yang dibangun di NetWare 5 menggunakan sertifikat publik, yang dikembangkan oleh RSA Security.

Windows

Server Windows 2000:

Dukungan Klien

Windows 3.x, Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0.

Interoperabilitas

Windows 2000 Server mendukung UNIX, Novell NetWare, Windows NT Server 4.0, dan Macintosh.

Otentikasi

Otentikasi pengguna yang berhasil dalam lingkungan komputasi Windows 2000 terdiri dari dua proses terpisah: log masuk interaktif, yang mengonfirmasi identifikasi pengguna ke akun domain atau komputer lokal, dan otentikasi jaringan, yang mengonfirmasi identifikasi pengguna ke layanan jaringan apa pun yang dicoba pengguna untuk mengakses.

Jenis otentikasi yang didukung Windows 2000 adalah:

Kerberos V5 digunakan dengan kata sandi atau kartu pintar untuk log masuk interaktif. Ini juga merupakan metode standar otentikasi jaringan untuk layanan. Protokol Kerberos V5 memverifikasi baik identitas pengguna dan layanan jaringan.

Otentikasi Secure Socket Layer / Transport Layer Security (SSL / TLS), digunakan ketika pengguna mencoba mengakses server Web yang aman.

Layanan File dan Print

Anda dapat menambahkan dan memelihara printer di Windows 2000 menggunakan wizard administrasi cetak, dan Anda dapat menambahkan pembagian file menggunakan alat manajemen Active Directory. Windows 2000 juga menawarkan Distributed File Services, yang memungkinkan Anda menggabungkan file di lebih dari satu server ke dalam satu share.

Keamanan

Keamanan tingkat pengguna melindungi sumber daya jaringan bersama dengan mewajibkan penyedia keamanan mengautentikasi permintaan pengguna untuk mengakses sumber daya. Kontroler domain, memberikan akses ke sumber daya bersama dengan memverifikasi bahwa nama pengguna dan kata sandi adalah sama dengan yang ada di daftar akun pengguna yang disimpan di penyedia keamanan jaringan. Karena penyedia keamanan menyimpan daftar akun dan kata sandi pengguna di seluruh jaringan, setiap komputer klien tidak harus menyimpan daftar akun.

Keamanan tingkat berbagi melindungi sumber daya jaringan bersama di komputer dengan kata sandi yang ditetapkan secara individual. Misalnya, Anda dapat menetapkan kata sandi ke folder atau printer yang terpasang secara lokal. Jika pengguna lain ingin mengaksesnya, mereka perlu mengetikkan kata sandi yang sesuai. Jika Anda tidak memberikan kata sandi ke sumber daya bersama, setiap pengguna dengan akses ke jaringan dapat mengakses sumber daya itu.

Appleshare IP (Internet Protocol)

Dukungan Klien

TCP / IP file sharing dengan klien Macintosh menggunakan Network File System (NFS), dan File Transfer Apple File Protocol 3.0.

Interoperabilitas

Pembagian file Windows Server Message Block (SMB).

Layanan File dan Print

Layanan File:

  • Apple Filing Protocol (AFP) melalui TCP / IP dan AppleTalk
  • Blok Pesan Server (SMB) melalui TCP / IP
  • File Transfer Protocol (FTP) melalui TCP / IP

Jasa Cetak:

  • PAP (AppleTalk)
  • LPR / LPD

Dukungan Aplikasi

  • HTTP
  • Surat (SMTP, POP, IMAP, dan Protokol Kantor Pos yang Diautentikasi APOP)
  • Mac CGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *